Pages

Wednesday, May 25, 2011

Tips Berbelanja

Belanja pasti membutuhkan uang. Oleh karena itu, kalau tidak ada uang tidak bisa belanja. Saat, belanja semua barang yang nampak bagus pasti ingin dibeli. Semua orang pasti pernah merasakan itu. Saat itu juga akan terjadi perang batin. Perang batin gimana ? Saat kamu melihat barang itu, dalam hatimu akan timbul pertanyaan "Butuh ngga ya?" dan kemudian hatimu pun menanggapinya dengan jawaban "Mumpung lihat, bagus, elegan, besok juga mungkin sudah dibeli orang". Kamu pun akhirnya menarik barang itu dan memberikannya kepada penjaga toko, kemudian mengatakan, "saya ambil ini!" (dengan begitu tegasnya). Kamu pun mengeluarkan uang dan barang itu sekarang menjadi milikmu. Kamu keluar toko dengan rasa puas. Setelah kamu tiba di rumah, kamu menghitung pengeluaran kamu tadi karena kamu ingin tahu seberapa banyak uang yang kamu habiskan. Dan ternyata, menurut hasil perhitungan kamu mengeluarkan uang terlalu banyak di hari itu. Rasa penyesalan pun timbul. Hatimu pun menanggapinya dengan kalimat, "Ah..cuma sekali aja kok, jarang-jarang juga seperti ini". Apakah kamu seperti ini ? Sebaiknya dihentikan. Karena saat belanja itu juga perlu pengontrolan diri. Berikut tips belanja yang mungkin bisa dilakukan :
1. Buatlah daftar barang yang ingin kamu beli.
2. Buat perkiraan harga barang-barang yang ingin kamu beli. Lalu, jumlahkan.
3. Bawalah uang sesuai dengan perkiraan harga yang telah kamu buat tadi. Boleh dilebihkan sedikit untuk jaga-jaga kalau perkiraanmu kurang tepat.
4. Sebaiknya tidak bawa kartu kredit (bagi yang punya). Kartu kredit bagi sebagian orang menawarkan kemudahan karena tidak harus membawa uang tunai. Tapi saat kamu belanja, saat kamu melihat barang bagus dan mulai timbul rasa ingin memilikinya, dengan mudah kartu kredit itu digesek. Dan dalam hitungan detik, barang itu menjadi milik kamu. Jangan lakukan ini kalau kamu tidak bisa membayar tagihannya, seperti di film "Confession of A Shopaholic". Kalau perlu nonton dulu sebelum pergi belanja. :D
5. Sediakan uang untuk makan di luar. Jika kamu berbelanja bersama dengan teman-teman kamu, biasanya setelah belanja ya pergi makan karena lapar setelah berkeliling toko. Oleh karena itu, sediakan secukupnya. Cukup untuk makan maksudnya.
6. Siapkan uang pecahan kecil untuk membayar parkir.
7. Saat kamu melihat barang diluar daftar yang kamu buat dan kamu tertarik, maka pikirkan lagi. Tanyakan kepada dirimu, "butuh tidak?", "mendesak tidak?". Kalau memang tidak begitu membutuhkan dan tidak begitu mendesak. sebaiknya tidak dibeli. Inilah gunanya membawa uang sesuai yang diperkirakan tadi.
8. Kalau kamu tidak ingin tergoda dengan barang-barang yang tidak terduga di toko, belanja online bisa menjadi pilihan.
9. Tabunglah sisa uang yang kamu bawa tadi.
10. Usahakan menabung setiap hari.

Selamat berbelanja...


SPONSORED

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More